-->

Subscribe Us

Miris! Marissa Haque Cuitkan Berita Hoax, Para Netizen Yang Memberikan Bukti






Padahal gelarnya sudah memakai Doktor, namun kenapa Marissa Haque tidak melakukan cek dan ricek dulu sebelum menyebarkan suatu berita.

Dilansir oleh tribunnews.com, Artis senior yang kini aktif di dunia politik, Marissa Haque, dibanjiri komentar warganet karena cuitannya. Melalui akunnya, @HaqueMarissa mengunggah ke Twitter sebuah tangkapan layar berita dari Facebook.


Berita itu menampilkan foto seorang pria asing yang sedang sakit. Ia terbaring dengan mata terpejam, dan jari-jarinya berwarna hitam. Foto dari Facebook itu disertai keterangan bahwa pria asing itu terkena azab. "Azab Allah itu nyata! Marissa Haque Ikang Fawzi," tulis ibu dua anak itu. Di cuitannya tertera tanggal nya yaitu 22 Maret 2018.

Namun, rupanya berita tersebut hanyalah palsu alias hoax. Warganet kemudian menemukan berita aslinya dan mengirimkannya pada Marissa Haque melalui balasan di Twitter. Berita tersebut telah terbit di sejumlah media asing pada Juli 2012.

Dilansir Tribun-Video.com dari The Guardian, Rabu (18/7/2012), pria itu rupanya sakit bukan karena azab, melainkan karena mengambil tikus di mulut kucing. Paul Gaylord, nama pria asal Oregon itu, terkena wabah akibat infeksi yang ditularkan dari gigitan kucing yang tersedak saat mengambil tikus dari mulut kucing itu. Karena hal tersebut, kini Paul tak lagi memiliki jari tangan dan sebagian jari kakinya, seperti diberitakan The Guardian, Senin (13/2/2014).

Berita yang dicuitkan oleh Marissa itu diambil dari akun Ustadzah Oki Setiana Dewi. Saya pribadi tidak tahu siapa dia, namun ketika saya cari di google, ternyata Oki dulunya adalah seorang pemain ftv dan film. Saya temukan sebuah artikel lama tahun 2016 di tribunnews.com. Artikel ini memberitakan sebuah petisi yang berjudul Stop Tayangan Ustazah Abal Abal oki Setiana, dengan memberikan alasan, antara lain: Oki disebut telah melakukan pembohongan publik tentang short course (kuliah) lewat jalur mustami dan masuk kelas persiapan bahasa di Universitas Ummul Quro, padahal katanya Oki tidak pernah kuliah di sana. Alasan lainnya adalah Oki Setiana Dewi masih belum fasih dalam pelafalan hadist dan ayat-ayat yang disampaikan dalam kajiannya, bahkan makhraj dan tajwid pun acakadut. Dia pun dinilai tidak mempunyai ilmu yang mumpuni untuk disebut sebagai pendakwah, apalagi ustadzah. Lengkapnya bisa dilihat di link berikut: http://makassar.tribunnews.com/2016/04/30/pengalaman-netizen-undang-ustadzah-oki-orangnya-sombong-dan-bayarannya-mahal?page=all

Nah jadi yang menyebarkan pertama pun tidak mengecek, kemudian yang menerima pun sama. Padahal sama-sama berpendidikan tinggi. Saya lihat di wikipedia, Oki ini juga merupakan kandidat Doktor di UIN Jakarta.

Apalah kita ini yang hanya tamat S1 ya. Tapi kok nggak disempatkan mencari dulu apakah gambarnya ada di tempat lain. Tinggal search di google image. Ternyata yang memuat berita tentang Paul Gaylord itupun bukan media abal abal di sana, The Guardian.

Kemudian, jejak digital dan komentar para netizen memang sama-sama kejam, terlebih sudah ketahuan kalau yang disebarkan oleh Marissa memang hoax adanya. Antara lain:

@LusiHQ: Saat Marissa Haque tidak punya bahan utk ngetweet, menyebar hoaxpun jadi pilihan. Menyebar hoax sudah menjadi kerjaan rutin gerombolan kecoak.

@Adalea11141: Kalau gini, syahrini pun jadi terlihat lebih cerdas. At least syahrini ga nyebarin hoax.

@LusiHQ: Betul banget. Gelar doktor djadiin modal nyebar hoax.

@mulanbilqis: Mbak marisa ini benar doktor kan?

@WidasSatyo: GELARNYA MUNGKIN HOAX JUGA

@ucok_sinaga: Gelarnya cuma nempel dinama aja. Blm smpe kepala. Apalagi hati.

@RadenAriHaryon1: Maksudnya apa sebar hoax macam gini

@So_wh4t: Dan yg lebih heran.. seorang Dr, Hj, seorang yg berpendidikan bisa-bisanya dg begitu mudah memention tuit hoax kek gini. sedihmiris*

@GusNadjib: Azab Allah pasti termasuk yg sebarkn kebohongan.. Sperti tweet di atas..

@SangTerapis: Wow, bahkan dgn title Doktor, tidak mencegah anda menyebarkan berita hoax. Mungkin anda belum tahu kl sekarang ada yang namanya Google Image Search. Membuat saya berpikir, gelarnya nyogok berapa?


Cuitan tersebut bisa dilihat di link berikut : https://twitter.com/HaqueMarissa/status/977049161018236930

(Sekian)



0 Response to "Miris! Marissa Haque Cuitkan Berita Hoax, Para Netizen Yang Memberikan Bukti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel